February 8, 2023

Di Indonesia banyak yang menyukai makanan olahan dengan tekstur yang kuat, pedas dan kental ini. Inilah salah satu alasan mengapa semakin banyak orang yang memulai bisnis kuliner Seblak. Jika Anda juga tertarik memulai sebuah bisnis Lihat disini untuk peluang bisnis penjualan satu kali lanjut!

5 peluang usaha jualan seblak

Sebelum memulai bisnis kuliner, Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu peluang bisnis di dalam. Berikut beberapa peluang usaha kuliner Seblak yang perlu Anda waspadai:

1. Tidak perlu modal besar

Salah satu hal penting sebelum memulai usaha adalah modal. Banyak pebisnis yang harus memutar otak untuk mendapatkannya modal besar sebelum berbisnis. Namun, ini berbeda dengan bisnis seblak. Karena Anda tidak perlu memiliki banyak modal.

Dimulai dengan anggaran Rp 5.000.000,00 juta, Anda sudah bisa mulai berjualan. Selain itu, juga lebih mudah untuk mendapat untung dalam bisnis seblack, atau setidaknya mengembalikan investasi Anda. Karena rasa dari makanan ini sangat enak dan sesuai dengan bahasa orang Indonesia.

2. Target pasar yang besar

Mengingat bahan utamanya yang termasuk rempah-rempah, tak heran jika seblak selalu memiliki banyak penggemar di Indonesia. Apalagi jika Anda bisa melakukan inovasi bisnis, seperti menambah topping daging atau Keju mozzarellatentunya konsumen semakin banyak yang berminat dan banyak yang datang.

3. Bahan baku murah dan ringan

Jika Anda menghendaki penjualan satu kalimaka tidak perlu khawatir dengan persiapan bahan baku. Karena bahannya mudah didapat di pasar tradisional dan tentunya harganya murah. Bahan baku tersebut antara lain telur ayam, kerupuk kanji mentah, seledri, bawang merah, penyedap rasa, cabe rawit, kecap dan kenkur.

Anda juga bisa membeli waralaba dengan bahan baku campuran tambalan. Namun, pastikan Anda selalu memilih bahan yang berkualitas baik dan segar.

4. Pemasaran sederhana

Kesempatan selanjutnya dari usaha seblak, itu adalah pemasaran apa yang perlu Anda lakukan tidak sulit. Cukup menggunakan jejaring sosial dan kemudian membuat foto atau gambar semenarik mungkin untuk dipublikasikan nanti. Selain itu, Anda dapat memberikan promosi untuk menarik minat konsumen.

Tambahkan juga desain lokasi atau tanda tangan misalnya logo merek pada kemasan seblak. Sehingga bisnis Anda akan lebih mudah diingat konsumen.

5. Produksi mudah

Selain bahan bakunya yang mudah didapat, cara membuat seblac juga cukup sederhana. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda coba:

  1. Rendam kerupuk dalam air panas hingga montok, lalu tiriskan. Tuang sedikit minyak sayur ke dalam rendaman agar kerupuk tidak lengket.
  2. Kemudian haluskan bumbu dan goreng hingga harum, jangan lupa masukkan daun bawang dan seledri, lalu aduk hingga merata.
  3. Masukkan kerupuk yang sudah direndam dan topping goreng bumbu di wajan lain. Tambahkan telur dan krim kocok.
  4. Tambahkan garam dan penyedap rasa lainnya, aduk hingga menguap. Kemudian tambahkan kecap dan air, tunggu kesiapan.
  5. Sajikan seblac hangat dalam mangkuk.

Valuasi Modal dan Keuntungan Usaha Seblak

Menyadari peluang penjualan satu kali, saatnya anda mulai mempertimbangkan perkiraan modal yang anda butuhkan dan keuntungan yang bisa anda dapatkan. Berikut ringkasan perhitungannya:

Modal Awal Usaha Seblak

Anda dapat memperkirakan modal awal dan biaya operasional sebesar Rp 5.000.000 dengan data sebagai berikut:

  • Kompor gas dan tabung: Rp 300.000.
  • Peralatan dapur seperti penggorengan, panci dan sejenisnya: Rp 300.000.
  • Piring dan minuman: 100.000 rupee.
  • Blender : Rp 100.000.
  • Meja dan kursi : Rp 300.000.

Jadi total modal awal adalah Rp 1.100.000,00. Modal ini seharusnya menjadi modal bagi bisnis seblack class menengah. Anda dapat membuat perkiraan yang lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada anggaran yang telah Anda siapkan.

Biaya operasional per bulan

Berikut rincian estimasi biaya operasional setiap bulannya:

  • Sewa kamar : Rp 1.000.000,00
  • Bahan kerajinan Seblak : Rp 1.500.000.
  • Pegawai 1 orang : Rp 1.000.000,00

Maka total biaya operasional adalah Rp 3.500.000. Dari perkiraan biaya operasional di atas terlihat bahwa pembelian terbesar adalah untuk bahan baku yang digunakan untuk membuat seblac. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tempat membeli bahan dengan harga termurah untuk meminimalkan biaya bisnis Anda.

Tips Memulai Usaha Jualan Seblak Agar Untung Maksimal

Mengetahui Peluang dan Perkiraan Modal penjualan satu kali, saatnya mencari tahu apa saja tips agar penjualan Anda bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Menemukan bisnis

Jika Anda seorang calon pengusaha dengan modal pas-pasan, tidak ada salahnya mencoba memulai bisnis dari rumah. Tujuannya adalah untuk meminimalkan biaya sewa tempat. Dengan cara ini Anda dapat fokus pada kualitas bahan dan layanan.

2. Berinovasi dengan berani

Sebuah bisnis umumnya akan bertahan lama jika pemiliknya melakukan inovasi secara rutin. Sama halnya dengan bisnis makanan Seblac, Anda bisa bereksperimen dengan pilihan makanan baru untuk memicu rasa penasaran konsumen.

Selain rasa, Anda bisa membuat inovasi seblak dengan menambahkan tambalan lebih bervariasi. Misalnya ayam suwir, jamur shirataki, irisan daging asap, keju parut, dan lainnya.

3. Menyediakan jasa pengiriman atau pengantaran

sasaran pasar penjualan satu kali kebanyakan anak muda. Karena itu, Anda perlu menyediakan layanan Pengiriman. Jadi pembeli hanya perlu melakukan pemesanan secara online on line dan kurir dapat mengantarkan pesanan ke lokasi pembeli.

Jika Anda sudah memiliki modal yang banyak, maka Anda bisa menyewa jasa kurir pribadi untuk mengantarkan makanan ke pelanggan. Juga, bekerja sama dengan aplikasi pemesanan makanan on line yang saat ini hits seperti GoFood atau GrabFood.

4. Strategi makanan beku

Ketika bisnis Anda sukses, jangan lupa untuk mengembangkan bisnis Anda agar banyak orang mengetahuinya. Salah satunya adalah dengan menyiapkan strategi makanan beku atau seblak siap santap yang dapat langsung dikonsumsi pelanggan dengan cara dipanaskan terlebih dahulu.

5. Hitung modal secara spesifik

Saat memulai usaha, yang terpenting adalah memperhitungkan modal awal. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, perkiraan di atas dapat menjadi patokan untuk menghitung modal. Pastikan perhitungan Anda cukup akurat untuk meminimalkan risiko kerugian.

6. Memberikan pelayanan terbaik

Sumber daya manusia juga merupakan salah satu kunci keberhasilan bisnis. Pastikan Anda memberikan layanan pelanggan terbaik. Jika ingin mempekerjakan karyawan, maka pilihlah yang tertarik dengan dunia kuliner, ramah dan sabar.

Tertarik untuk memulai bisnis jualan seblak?

Ini adalah beberapa kemungkinan penjualan satu kali, perkiraan modal yang perlu kamu siapkan, serta berbagai tips agar bisnis bisa menguntungkan. Sebelum memulai bisnis, pastikan Anda melakukan riset target pasar untuk mengetahui minat pasar terhadap makanan yang ingin Anda jual. Semoga beruntung!

Baca Juga :  Jasa Pembuatan Ruangan Beku Jambi