Perbedaan Layar OLED, AMOLED dan IPS

Nah kali ini team kami akan mereview tentang layar Hp yah, karena beberapa hari ini banyak sekali HP yang mengutamakan tentang layar hehehehe, maklum sekarang layar merupakan patokan.

Perbedaan Layar OLED, Amoled, IPS
Sebelum membahas mengenai perbedaan ketiga layar tersebut, penting diketahui bahwa pemilihan layar smartphone perlu dipertimbangkan dengan baik. Karena sebagian besar waktu yang kita gunakan nantinya adalah menatap layar. Sejalannya perkembangan teknologi, muncul material canggih yang memengaruhi kualitas layar smartphone Anda. Berikut penjelasan mengenai perbedaan layar OLED, AMOLED, IPS yang perlu Anda ketahui.

  1. Layar OLED

Organic Light Emitting Diode (OLED) merupakan layar yang memiliki panel khusus dengan kandungan elemen organik sehingga mampu memancarkan cahaya saat dialiri listrik. Pada umumnya, perangkat televisi dan smartphone yang paling banyak menggunakan OLED sebagai material layar. OLED memiliki ukuran yang cenderung tipis dan bobotnya ringan. Selain itu, material yang satu ini dianggap lebih hemat energi dan memiliki sensitivitas respon lebih tinggi dibandingkan LCD.

Sayangnya, panel OLED lebih rentan terhadap pengaruh air dan kualitasnya dapat menurun apabila berada di bawah sinar matahari. Selain itu, durasi layar OLED lebih singkat dibandingkan panel LED dan LCD. Lantas, apa yang menjadi pembeda antara layar OLED dan AMOLED?

Baca juga: Keunggulan Mouse Wireless Dibandingkan Mouse Kabel

  1. Layar AMOLED
    Perbedaan Layar OLED AMOLED IPS
    AMOLED atau Active Matrix Organic Light Emitting Diode adalah panel dari hasil pengembangan layar OLED. Layar OLED dan AMOLED memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apabila layar OLED tidak optimal berada di bawah terik matahari, AMOLED justru lebih tajam di bawah sinar matahari. Di samping itu, layar AMOLED hanya digunakan untuk smartphone saja. Sedangkan layar OLED dapat dipakai untuk panel televisi.

Layar OLED dan AMOLED memiliki beberapa kesamaan, seperti ukuran yang sangat tipis hingga 0,001 mm tanpa mengurangi tingkat kehitaman dan mengurangi ketajaman layar. Respon cepat juga dimiliki panel AMOLED dan konsumsi daya pada layar tersebut cukup rendah. Bahkan dapat menghemat penggunaan daya smartphone hingga 40%. Namun, penerapan panel AMOLED jarang diaplikasikan pada perangkat karena kendala biaya. Sebab penggunaan layar AMOLED memungkinkan produk dijual dengan harga yang tinggi.

  1. Layar IPS
    Perbedaan Layar OLED AMOLED IPS
    Setelah mengetahui perbedaan layar OLED dan AMOLED, selanjutnya adalah pembahasan tentang layar IPS. Informasi berikut semoga dapat memberikan informasi mengenai perbedaan layar OLED, AMOLED, dan IPS. In-plane switching (IPS) merupakan panel yang sering digunakan pada layar LCD serta hasil dari pengembangan layar TFT. Salah satu kelebihan dari teknologi IPS adalah reproduksi warna yang akurat, sudut pandang lebih besar, tidak ada tanda air saat disentuh, serta menghemat daya dan perlindungan lingkungan.

Panel IPS sering digunakan oleh produk Apple dan layar setiap tahunnya IPS dengan kualitas terbaik sudah dibeli oleh Apple. Itulah sebabnya, layar yang menggunakan panel IPS memiliki harga produksi yang mahal dan sebagian besar diadopsi ponsel kelas menengah ke atas.

Sumber : https://jete.id/yuk-ketahui-perbedaan-layar-oled-amoled-dan-ips/