January 27, 2023

Sejarah Monumen Arek Lancor Pamekasan – Seperti yang sudah pernah disinggung pada postingan tentang sejarah pulau madura, bahwa Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu kabupaten paling muda diantara 4 kabupaten yang ada di pulau madura. Sedangkan postingan komunitas blogger madura kali ini akan sedikit mengupas hal yang memang sudah tidak asing lagi buat masyarakat madura. Apalagi kalau bukan monumen arek lancor yang merupakan kebanggaan masyarakan Pamekasan.

Ceritas Singkat Sejarah Monumen Arek Lancor Pamekasan

Monumen Arek Lancor yang terletak di jantung kota Pamekasan tepatnya di depan masjid Agung Asy-syuhada dan dikelilingi jalan berbentuk lafadz Allah. Hal ini mengandung makna yang sangat mendalam, bahwa kemerdekaan yang telah kita raih merupakan rahmat Allah SWT, Yang Maha Kuasa. Betapa pun para pejuang kita dengan bersenjatakan Arek Lancor, bambu runcing dan senjata tradisional lainnya dapat merebut dan mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Lambang Perjuangan

Monumen Arek Lancor Pamekasan adalah monumen perjuangan yang merupakan tugu peringatan kepahlawanan rakyat Madura dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Bentuk monumen menggambarkan kobaran api nan tak kunjung padam yang terpencar dari perpaduan senjata tradisional rakyat Madura ArekLancor sebagai lambang dinamika yang menyala-nyala dari pejuangnya. Monumen Arek Lancor berdiri tegak diatas landasan yang kokoh melukiskan keteguhan dan kesiap-siagaan rakyat madura dalam menghadapi setiap tantangan.

Kebiasaan Masyarakat

Masyarakat Pamekasan dan pelancong biasanya pada sore hari dan malam hari baik yang sekedar menghilangkan rasa jenuh atau melepaskan rasa lelah sambil menikmati indahnya monumen Arek Lancor yang seakan menyala terkena terpaan sinar lampu di tengah rerimbunan taman dan hiasan lampu yang beraneka warna menambah keindahan kota Pamekasan di malam hari. Selain itu, acara rutin yang diadakan setiap hari minggu pagi diadakan senam sehat dan juga terdapat sarana olahraga tennis di areal monumen arek lancor.

Baca Juga :  Jasa Pembuatan Memory Yearbook Sekolah di Bondowoso

Sumber Lain Monumen Arek Lancor

Monumen Arek Lancor dapat ditemukan di tengah kota Pamekasan, tepat di depan Masjid Agung Ash-Syuhada. Itu dikelilingi oleh jalan yang dirancang agar terlihat seperti kata-kata Allah. Hal ini memiliki makna yang sangat mendalam dibaliknya, yaitu bahwa kemerdekaan yang telah kita raih ini merupakan berkah dari Allah SWT, Yang Maha Kuasa. Toh prajurit kita bersenjata Arek Lancor, bambu yang sudah diruncingkan, dan senjata tradisional lainnya mampu merebut dan mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan NKRI.

Simbol Keberanian

Monumen Perjuangan di Arek Lancor Pamekasan merupakan tugu peringatan atas keberanian rakyat Madura dalam mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan NKRI. Juga dikenal sebagai Monumen Arek Lancor Pamekasan. Bentuk tugu merepresentasikan api yang tak pernah padam, yang dihamburkan dari racikan senjata tradisional masyarakat Madura, Arek Lancor, sebagai simbol semangat membara para pejuangnya. Nyala api digambarkan tersebar dari senjata tradisional Arek Lancor. Keuletan dan kesiapsiagaan masyarakat Madurai dalam menghadapi rintangan apapun dilambangkan dengan Monumen Arek Lancor yang didirikan di atas dasar batu karang yang kokoh.

Video View Pemandangan Monumen Arek Lancor Pamekasan

 

Daftar Pustaka

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Tugu_Arek_Lancor.jpg
  2. https://www.youtube.com/watch?v=5CzR406WiyE